Selasa, 09 Oktober 2007

Siemens S35i with my Lappie :P



Masih punya HP ini? Aq sih masih :P hehehe HP yang lawas tapi masih "powerfull", dah ada irDa, WAP n tentuna ada kabel data RS-232na :P hehehe... OK, uji coba dilakukan di lappie (HP nw8240) aq dengan Debian Etch. Untuk berkomunikasi dengan si HP diperlukan aplikasi kecil, yaitu minicom. Pas aq install Debian sih lom ada :P jadina perlu apt-get install minicom dulu dah :)

Kalo dah terinstall, buka terminal/konsole ketikin minicom -s (kita setup duluw si minicom). Nanti ada menu kecil yg muncul kayak gini :



Pilih Serial Port Setup, nanti muncul menu lain :



Karena di lappie aq pasang kabel data di port serial pertama (mang satu2na :P) jadi dia pasti berada di /dev/ttyS0. Maka ubah Serial Device kalo lom bener dengan menekan tombol A dan mengubah nilai yang ada :P. Nah, si HP siemens s35i menggunakan Baudrate 19200, jadi perlu kita ubah juga Bps/Par/Bitsna, jadi tekan tombol E, nanti keluar lagi menu :



Pilih baudratena 19200 yaitu tombol F, nah urusan Parity, Stop Bits n Data Bits, kita pake 8N1, artina Data Bits = 8 bit, No parity dan Stop Bits = 1. Langsung tekan Q ajah :) tekna Enter buat kembali ke menu utama, kita simpan dulu konfigurasina biar gk capek2 setting lagi, pilih Save Setup as dfl :



Kalo udah, pilih Exit n kalo settingan kita dah bener maka langsung muncul :



Horeeee, akhirna kita bisa berkomunikasi ma si HP hehehehe :), trus apa ajah yg bisa kita lakuin disini? Banyaakkkk, tapi "ngobrol"na harus pake AT Command buat s35i :). Misal kita pengen liat inbox SMS kita (ALL ato semua), maka kita ketikin ajah AT Commandna : AT+CMGL=4 , 4 disini berarti nampilin semua SMS :



Nanti muncul dah bilangan2 Hexadesimal.. Duh apa artina? Ini namana format PDU (protocol description unit) Maaf ya isi inbox aq disensor :P hehehhehe :P

Uhmm, next project mungkin bagaimana kita bikin aplikasi kecil2an yg Read/Write ke port serial tuk ngambil n ngebaca SMS di inbox :) Doain ya biar cepet selese aplikasi sederhanana :).. :)

Tidak ada komentar: